Seusai Shalat, Takbir ataukah Istighfar?

Posted: 1 Juli 2011 in Dzikir & Do'a, Sholat, Adzan, Iqomah, masjid

Oleh: Asy Syaikh Abdullah Al Mar’ie hafidhahullahu (Pimpinan Pondok Pesantren di Hadramaut, Syhr, Yaman)

Pertanyaan:

Apa yang seharusnya langsung dibaca seusai salam oleh orang yang shalat wajib apakah bertakbir seperti yang terdapat di dalam hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu atau beristighfar seperti yang terdapat pada hadits yang lain?

Jawab:

Ulama berbeda pendapat dalam masalah ini, apakah langsung bertakbir seusai salam atau beristighfar. Jumhur ulama berpendapat langsung beristighfar. Sedangkan sejumlah ulama ahli hadits berpendapat langsung bertakbir. Dan Al Imam Abu Daud rahimahullahu dalam penyusunan bab perbab di dalam kitab Sunan-nya mengisyaratkan kepada yang demikian (bertakbir). Beliau meletakkan dalam kitabnya “Bab Takbir Seusai Shalat” setelah “Bab Salam” yang mana hal ini menunjukkan bahwa beliau berpendapat takbir adalah yang pertama kali dibaca setelah salam. Dan ini yang dikandung oleh hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

Adapun jumhur ulama, mereka memberlakukan riwayat hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, “Dahulu kami mengetahui selesainya shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam dengan takbir,” bahwa ini masuk kategori “menyebutkan sebagian tapi yang dimaksud keseluruhan”, karena telah datang di dalam riwayat yang shahih, “Dahulu kami mengetahui selesainya shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam dengan dzikir,” mereka berkata, “Dan takbir termasuk bagian dari dzikir.”

Sedangkan mereka yang berpendapat bertakbir seusai salam berdalil dengan lahiriyah hadits ini (hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma). Kemudian setelah itu mereka perlu menjelaskan berapa kali takbir dibaca. Diantara mereka ada yang mengatakan mutlak (berapa saja) dan diantara mereka ada yang mengatakan tiga kali. Dan yang benar dalam hal ini adalah bebas. Wallahu a’lam.

Sumber: Majalah aSSalaam no. VI/Tahun II – 2006 M / 1427 H, hal. 46.

http://fadhlihsan.wordpress.com/2011/06/30/seusai-shalat-takbir-ataukah-istighfar/

Iklan

Komentar ditutup.