BOLEHKAH PRIA MUSLIM MEMAKAI KALUNG? | Bagaimana dengan kalung emas atau kalung salib?

Posted: 1 Agustus 2011 in Ahkam

Soal: Apa hukum mengenakan kalung sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian pria?

Jawab:

Mengenakan kalung sebagai perhiasan adalah perkara yang haram bagi laki-laki, karena perhiasan tersebut adalah khusus bagi wanita. Jadi ketika mengenakan kalung, seorang pria telah meniru kebiasaan khusus perempuan dan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah melaknat laki-laki yang meniru wanita.

Perbuatan ini menjadi semakin besar dosanya bila kalung tersebut terbuat dari emas, jadi terlarangnya dari dua sisi. Tambah besar lagi dosanya bila pada mata kalungnya ditatahkan gambar manusia, hewan, atau burung. Dan semakin buruk lagi apabila ditatahkan gambar salib atau bentuk mata kalung itu sendiri adalah salib.

Dua perkara yang terakhir, yakni gambar manusia atau hewan dan bentuk salib terlarang baik bagi pria maupun wanita. Wallahu a’lam.

(Syaikh Ibnu Utsaimin dalam Fatawa Islamiyah Jilid 7 halaman 399 Penerbit Darussalam)

Diterjemahkan dari http://fatwaislam.com/fis/index.cfm?scn=fd&ID=261

Lihat: http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/02/17/bolehkah-seorang-pria-mengenakan-perhiasan-kalung/

Iklan
Komentar
  1. Bintang Lubis berkata:

    Kalung telah dipakai laki-laki sejak zaman dahulu. Jadi, mengharamkan memakai kalung bagi laki-laki karena meniru perempuan bukan alasan yang pas atau kurang tepat.

    • abuyahya8211 berkata:

      Kita hanya mengikuti dan menyampaikan hujjah para Ulama dalam mengambil hukum, demikianlah penjelasan para Ulama, kalau saudara punya hujjah untuk itu silahkan. Itu pilihan saudara . . .